Minggu, 28 Agustus 2011

Rak Sepeda di Mana-Mana

Keep in Style^^ Readers!! tiba2 pengen nulis tentang rak sepeda nih, abis gak sengaja nemu gambar2 rak sepeda yang gak standar di Mbah'Google ;) Tau lah ya sepeda-an udah jadi lifestyle dimana-mana, mulai dari Bike to Work, Bike to School, Bike to Campus, Bike to Mountain, atau mungkin Bike to Market??*hehe sepedaan ke pasar yah (_ _")y. Ada sepeda harus ada tempat 'parkir' nya juga dong..bisa aja di parkir berjejer sama sepeda lain, tapi pas kesenggol dikit...''braaaaakkkk,,gubrakk,drukdukdukduk,,,jessss" (efeknya lebay deh ;9) sepeda pun jatoh berjamaah kayak kartu domino! di Indonesia udah cukup banyak yg menerapkan lifestyle bersepeda ini, tapi tempat parkirnya masih jarang, paling di kampus, pusat perbelanjaan..dan jumlahnya terbatas.

Nah buat yang pengen buka wawasan liat2 desain bike racks yang ternyata bukan sekedar 'tempat parkir' tapi diperhatiin juga efisiensi, desain, keamanan, sampai elemen warna pun bisa jadi pertimbangan. Saya coba share beberapa gambar dan sedikit ceritanya^^. Kalau belum puas bisa tanya Si Mbah' langsung alias searching sendiri..Tapi jangan tanya saya suka naik sepeda atau nggak ya...saya gak bisa naik sepeda* Huwaaaaa kenyataan yang mencengangkan! Kalo kata orang-orang rumah, saya tuh bukan cewek 'seutuhnya' karna saya gak bisa mengendarai sepeda (haha sedih yah). Menurut orang rumah, bisa mengendarai sepeda itu kompetensi dasar seseorang..karna itu membantu saat kita mau kabur, olahraga, atau sekedar gaya2an (hehehe)...Oke lah kapan2 ajarin saya naik sepeda ya Readers^^!



Beberapa jenis rak sepeda, sepedanya diletakkan horizontal



Double Decker-Bike racks: Rak sepeda susun di area pintu masuk Stasiun MRT Gongguan, Taiwan. Rak susun ini di bangun karna kebutuhan lahan parkir sepeda di Taiwan dan permasalahan parkir di depan stasiun MRT ini. Sebelum dibangun sepeda diletakkan secara tidak rapi di depan stasiun. Hasil desain ini adalah efisiensi & efektifitas ruang parkir sepeda yang mencapai 87% (source: taipei MRT website). Pertanyaan pribadi saya, gimana cara naikin/nurunin sepeda yang di atas ya??




Temporary Bike Racks: Proyek ini merupakan kerja sama Departemen Transportasi Kota dengan Galeri Seni PaceWildenstein. Di beberapa spot kota di pasang 9 rak sepeda temporal yang didesain seorang penggemar sepeda sekaligus musisi, David Byrne. Rak dibuat dari material yang awet dan merupakan rak yang tidak permanen. Sembilan rak sepeda ini akan dipindah setelah 11 bulan. Rak dibuat dengan ketebalan yang sama namun dengan warna yang berbeda yaitu merah, hitam dan silver. Rak dibuat untuk menunjang budaya bersepeda dan mengarahkan masyarakat untuk berfikir bahwa bersepeda merupakan moda transportasi bukan sekedar moda rekreasi. Hal unik dari desain ini adalah desain yang modern dan spesifik lokasi (disesuaikan tempatnya). Misalnya rak berbentuk simbol dollar diletakkan di Wall Street dan rak berbentuk high heels diletakkan di Bergdof's.  Waw, simpel tapi ngena yah konsepnya...sometimes simple is beautiful!



Dynamic Seoul: Karya Leon Zhu, Mendorong dan memberi energi/spirit pada jalan-jalan di Seoul. The project is a series of dynamic and modern street sculptures for seoul, a modern city full of youth and energy’ -leon zhu


Bud Racks: Didesain oleh Yong Su Kim menekankan pada "green message" dari budaya bersepeda. The rack is shaped like buds with a notion that they grow from people cycling’ -yong su kim
Keduanya merupakan peserta dari Seoul Cycle Design 2010 yang jumlahnya mencapai 3000 peserta.



Comb Racks: Rak sepeda yang berbentuk sisir. Tidak terdapat banyak data tentang desainnya tapi bisa dilihat materialnya berupa kayu dan gerigi sisirnya menjadi tempat 'menyangkutkan' sepeda. Tapi agak sayang, desain sisirnya gak penuh, kan bisa muat sepeda lebih banyak.



The Bike Rack Desk: Bekerja secara komuter pada sepeda mungkin hanya mimpi untuk beberapa orang karena sulit menemukan tempat menyimpa sepeda besar yang sedang tidak digunakan. Permasalahan tersebut dicoba diselesaikan dengan desain rak sepeda unik yang sekaligus berfungsi sebagai meja. Didesain oleh toko MUU dalam 2 versi, outdoor dan indoor. Bagi versi indoor tidak banyak digunakan, namun untuk versi outdoor ini aplikatif. Namun terdapat beberapa masalah diantaranya apabila ada hujan maupun angin, pengguna akan sulit berlindung.  Tips penting!! It probably won’t be a smart idea to pull out a laptop on one of these open desks because a thief could easily make off with a person’s electronics before they have a chance to get out of the desk with their bike.



Departemen Transportasi New York mengadakan kompetisi desain rak sepeda, salah satu pesertanya adalah  Francis Anthony Bitonti yang memiliki ide untuk membuat rak sepeda 'Alien' ini. Dibuat dengan software animasi dan terbuat dari bagian yang modular serta pola geometris bebas. Rak ini terbuat dari material plastik glossy yang di beri warna merah-oranye dan dilengkapi dengan kabel besi untuk mengunci sepeda. Karena desainnya yang unik, sampai ada yang bercanda "Desainnya unik-bisa membuat pencuri bakal mencuri rak-nya lebih dulu sebelum ia mencuri sepeda saya" Xoxoxoxo^^.



New York Bike Rack Design Competition 2008.



















Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Minggu, 28 Agustus 2011

Rak Sepeda di Mana-Mana

Keep in Style^^ Readers!! tiba2 pengen nulis tentang rak sepeda nih, abis gak sengaja nemu gambar2 rak sepeda yang gak standar di Mbah'Google ;) Tau lah ya sepeda-an udah jadi lifestyle dimana-mana, mulai dari Bike to Work, Bike to School, Bike to Campus, Bike to Mountain, atau mungkin Bike to Market??*hehe sepedaan ke pasar yah (_ _")y. Ada sepeda harus ada tempat 'parkir' nya juga dong..bisa aja di parkir berjejer sama sepeda lain, tapi pas kesenggol dikit...''braaaaakkkk,,gubrakk,drukdukdukduk,,,jessss" (efeknya lebay deh ;9) sepeda pun jatoh berjamaah kayak kartu domino! di Indonesia udah cukup banyak yg menerapkan lifestyle bersepeda ini, tapi tempat parkirnya masih jarang, paling di kampus, pusat perbelanjaan..dan jumlahnya terbatas.

Nah buat yang pengen buka wawasan liat2 desain bike racks yang ternyata bukan sekedar 'tempat parkir' tapi diperhatiin juga efisiensi, desain, keamanan, sampai elemen warna pun bisa jadi pertimbangan. Saya coba share beberapa gambar dan sedikit ceritanya^^. Kalau belum puas bisa tanya Si Mbah' langsung alias searching sendiri..Tapi jangan tanya saya suka naik sepeda atau nggak ya...saya gak bisa naik sepeda* Huwaaaaa kenyataan yang mencengangkan! Kalo kata orang-orang rumah, saya tuh bukan cewek 'seutuhnya' karna saya gak bisa mengendarai sepeda (haha sedih yah). Menurut orang rumah, bisa mengendarai sepeda itu kompetensi dasar seseorang..karna itu membantu saat kita mau kabur, olahraga, atau sekedar gaya2an (hehehe)...Oke lah kapan2 ajarin saya naik sepeda ya Readers^^!



Beberapa jenis rak sepeda, sepedanya diletakkan horizontal



Double Decker-Bike racks: Rak sepeda susun di area pintu masuk Stasiun MRT Gongguan, Taiwan. Rak susun ini di bangun karna kebutuhan lahan parkir sepeda di Taiwan dan permasalahan parkir di depan stasiun MRT ini. Sebelum dibangun sepeda diletakkan secara tidak rapi di depan stasiun. Hasil desain ini adalah efisiensi & efektifitas ruang parkir sepeda yang mencapai 87% (source: taipei MRT website). Pertanyaan pribadi saya, gimana cara naikin/nurunin sepeda yang di atas ya??




Temporary Bike Racks: Proyek ini merupakan kerja sama Departemen Transportasi Kota dengan Galeri Seni PaceWildenstein. Di beberapa spot kota di pasang 9 rak sepeda temporal yang didesain seorang penggemar sepeda sekaligus musisi, David Byrne. Rak dibuat dari material yang awet dan merupakan rak yang tidak permanen. Sembilan rak sepeda ini akan dipindah setelah 11 bulan. Rak dibuat dengan ketebalan yang sama namun dengan warna yang berbeda yaitu merah, hitam dan silver. Rak dibuat untuk menunjang budaya bersepeda dan mengarahkan masyarakat untuk berfikir bahwa bersepeda merupakan moda transportasi bukan sekedar moda rekreasi. Hal unik dari desain ini adalah desain yang modern dan spesifik lokasi (disesuaikan tempatnya). Misalnya rak berbentuk simbol dollar diletakkan di Wall Street dan rak berbentuk high heels diletakkan di Bergdof's.  Waw, simpel tapi ngena yah konsepnya...sometimes simple is beautiful!



Dynamic Seoul: Karya Leon Zhu, Mendorong dan memberi energi/spirit pada jalan-jalan di Seoul. The project is a series of dynamic and modern street sculptures for seoul, a modern city full of youth and energy’ -leon zhu


Bud Racks: Didesain oleh Yong Su Kim menekankan pada "green message" dari budaya bersepeda. The rack is shaped like buds with a notion that they grow from people cycling’ -yong su kim
Keduanya merupakan peserta dari Seoul Cycle Design 2010 yang jumlahnya mencapai 3000 peserta.



Comb Racks: Rak sepeda yang berbentuk sisir. Tidak terdapat banyak data tentang desainnya tapi bisa dilihat materialnya berupa kayu dan gerigi sisirnya menjadi tempat 'menyangkutkan' sepeda. Tapi agak sayang, desain sisirnya gak penuh, kan bisa muat sepeda lebih banyak.



The Bike Rack Desk: Bekerja secara komuter pada sepeda mungkin hanya mimpi untuk beberapa orang karena sulit menemukan tempat menyimpa sepeda besar yang sedang tidak digunakan. Permasalahan tersebut dicoba diselesaikan dengan desain rak sepeda unik yang sekaligus berfungsi sebagai meja. Didesain oleh toko MUU dalam 2 versi, outdoor dan indoor. Bagi versi indoor tidak banyak digunakan, namun untuk versi outdoor ini aplikatif. Namun terdapat beberapa masalah diantaranya apabila ada hujan maupun angin, pengguna akan sulit berlindung.  Tips penting!! It probably won’t be a smart idea to pull out a laptop on one of these open desks because a thief could easily make off with a person’s electronics before they have a chance to get out of the desk with their bike.



Departemen Transportasi New York mengadakan kompetisi desain rak sepeda, salah satu pesertanya adalah  Francis Anthony Bitonti yang memiliki ide untuk membuat rak sepeda 'Alien' ini. Dibuat dengan software animasi dan terbuat dari bagian yang modular serta pola geometris bebas. Rak ini terbuat dari material plastik glossy yang di beri warna merah-oranye dan dilengkapi dengan kabel besi untuk mengunci sepeda. Karena desainnya yang unik, sampai ada yang bercanda "Desainnya unik-bisa membuat pencuri bakal mencuri rak-nya lebih dulu sebelum ia mencuri sepeda saya" Xoxoxoxo^^.



New York Bike Rack Design Competition 2008.



















Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Trending of Mademoiselle